Selasa, 18 April 2017

Langkah Mudah Mengobati Diabetes

Langkah Mudah Mengobati Diabetes. DALAM talkshow yang berlangsung setengah hari itu, Konsultan Endokrin, dr Hendra Zufry SpPD KEMD, FINASIM juga menyebutkan ada empat cara mudah untuk mencegah diabetes.
Pertama, cek kadar gula darah secara teratur. Menurut dr Hendra, hal ini penting dilakukan untuk mendeteksi diabetes secara dini, sehingga dapat segera ditangani, dan meminimalisir kemungkinan terjadinya komplikasi.
Kedua, konsumsi makanan yang sehat dan jaga pola makan yang baik. “Jangan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung gula, lemak, minyak dan garam secara berlebihan,” imbuh dokter yang membidangi endokrinologi, metabolik, dan diabetes di RSUZA Banda Aceh ini.
Ketiga, jaga berat badan ideal yang dapat diketahui dengan menghitung Indeks Massa Tubuh (IMT), yaitu berat badan (kg) dibagi dengan tinggi badan. Keempat, latihan jasmani secara teratur dengan berolahraga selama 150 menit/minggu dengan latihan aerobik sedang atau selama 90 menit/minggu dengan latihan aerobik yang berat. Latihan tersebut dapat dibagi 3-4 kali/minggu. 
Konsultan Endokrin, dr Hendra Zufry SpPD KEMD yang menjadi salah satu pemateri dalam acara itu menyampaikan terkait tanda-tanda klasik diabetes melitus atau kencing manis pada usia muda, yaitu sering haus, rasa lapar yang berlebih, dan sering buang air kecil. Di Aceh sekitar 14,5 persen masyarakatnya masuk dalam kategori prediabetes. Yaitu istilah untuk tahap penanda awal dari penyakit diabetes tipe 2 ketika level gula darah mulai melebihi batas normal, namun belum terlalu tinggi untuk dapat dikategorikan sebagai penyakit diabetes melitus tipe 2. Ada beberapa mitos seputar diabetes yang juga disampaikan oleh dr Hendra, mitos yang pertama, diabetes bisa disembuhkan. " Target pengobatan dari diabetes bukan sembuh tapi terkontrol. Faktanya diabetes belum dapat disembuhkan tapi bisa dikontrol dengan mengontrol gula darah menjadi normal," katanya. Kedua, ada makanan khusus untuk penderita diabetes ini termasuk mitos. Sebab, menurut dr Hendra tidak ada makanan khusus bagi yang mengalami diabetes hanya saja makanannya harus dikontrol. Dan penderita diabetes hanya boleh makan nasi dengan jumlah yang sedikit, ini juga termasuk mitos. Karena apabila tidak makan, maka kebutuhan karbohidrat untuk tubuh tidak terpenuhi sehingga mempengaruhi kinerja otak. Maka itu makannya harus dijaga dan dikontrol. Mitos selanjutnya adalah diabetes tidak dapat dicegah. Faktanya, 80 persen dapat dicegah dengan rajin berolahraga, hindari stres, dan tidak merokok.

Baca Juga: Obat Luka Diabetes

Tidak ada komentar:

Posting Komentar